UPACARA HARI DHARMA KARYADHIKA TAHUN 2018 RUTAN KLAS IIB BATURAJA

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Humas_Rutanbaturaja – Aparatur Sipil Negara (ASN) Rutan Baturaja, Cab rutan Martapura, Cab Rutan Martapura dan Rupbasan Baturaja pagi tadi di Rumah Tahanan Negara Baturaja sebagai Korwil, gelar puncak acara Hari Dharma Karyadhika Tahun 2018 yakni dengan melaksanakan upacara.
Tampak beda dari biasanya, pelaksanaan upacara ini dilaksanakan di Halaman depan Rutan Baturaja, Selasa (30/10/18) dikarenakan kota Baturaja diguyur hujan sejak subuh tadi, walaupun dengan kondisi hujan Pelaksanaan upacara berlangsung hidmat dan tertib
Upacara HDKD Tahun 2018 ini dipimpin langsung Kepala Rutan Baturaja Bapak Herdianto, Amd.I.P, S.H. M.Si Sebagai inspektur upacara, diikuti Kepala Cab Rutan Muaradua, Cab Rutan Martapura dan Kepala Rupbasan Baturaja dan para pejabat struktural Masing-Masing UPT.

Sebelum membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dilaksanakan penyematan pangkat kepada 2 orang pegawai Rutan Baturaja yang mendapat kenaikan pangkat Reguler dan di ikuti penyematan pangkat Baru Kementerian Hukum dan Ham RI terhadap 4 orang pegawai sebagai simbolis dari 4 UPT tersebut.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan Bapak Herdianto, Amd.I.P, S.H. M.Si Sebagai inspektur upacara.
Ia menyampaikan bahwa hari ini adalah kesekian kalinya kita berdiri bersama-sama mengikuti apel peringatan HDKD, Apa sebenarnya Dharma Karyadhika ini dan apa maknanya? Dharma Karyadhika sebagaimana diartikan yakni:
1. Dharma menurut ejaan KBBI adalah sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sansekerta artinya dasarnya adalah kewajiban, aturan dan kebenaran;
2. Karya menurut KKBI adalah pekerjaan hasil perbuatan atau buatan;
3. Dhika adalah anak manusia yang diberikan kelebihan.
‘’Sehingga jika diartikan secara menyeluruh adalah manusia yang diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajibannya, aturan, adan kebenaran. Sungguh dalam makna yang terkandung dari sebuah kata Dharma Karya eksistensi ASN Kementerian Hukum dan HAM adalah dibuktikan melalui hasil kerjanya dalam menjalankan kewajiban sesuai aturan.’katanya.

‘’Saatnya kita perkuat sinergitas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan solusi yang berkualitas titik hal ini sejalan dengan tema yang kita usung tahun ini yaitu ‘’Sinergi-Kerja Kami PASTI’’ Tema ini harus benar-benar diimplementasikan pada semua aspek kehidupan birokrasi kita di Kementerian Hukum dan HAM.’’ujar Herdianto dihadapan para ASN Korwil Baturaja
Selanjutnya Herdianto menerangkan,‘’Tahun 2018 adalah tahun implementatif bagi E-Gov Kementerian Hukum dan HAM. Hampir semua pelayanan Hukum dan HAM yang kita sajikan kepada publik telah berbasis teknologi informasi. Namun kita jangan berhenti berinovasi berbagai aplikasi dan kesisteman terus harus diperbaiki dan ditingkatkan kecepatan dan akurasi datanya.’’ terangnya.
‘Kemudian diakhir kata sambutannya, Herdianto selaku Inspektur Upacara berpesan,’’Satu hal yang saya pesan kepada saudara-saudara, terus kuatkan integritas, jaga martabat pribadi, keluarga, organisasi bangsa dan negara tercinta sehingga kita menjadi ASN yang semakin PASTI serta berkali diri kita dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kemampuan skill dan manajerial serta kompetensi yang lainnya sehingga mampu menjadi benteng bagi gangguan yang datang dalam menjalankan tugas sehari-hari.’’tutup Herdianto.
Usai upacara digelar, dilanjutkan dengan pemberian hadiah perlombaan yang merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HDKD 2018. (Wind)