Rutan Baturaja Sosialisasikan RUU Pemasyarakatan

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Humas_RutanBaturaja – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Baturaja menggelar Focus Group Disscussion (FGD) dalam agenda Sosialisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemasyarakatan yang akan disahkan DPR RI. (Kamis, 26 September 2019)

Kegiatan FGD berlangsung di ruang rapat Rutan Klas IIB Baturaja. Di antara tamu undangan yang hadir yaitu, LSM dari GANN ( Generasi Anti Narkoba Nasional ) OKU, Kejaksaan Negeri OKU, Mahasiswa Riski Patya Baturaja, serta seluruh petugas Rutan Baturaja.

Sebagai narasumber yaitu Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Baturaja Maini.,SH.,MM

Dalam kegiatan tersebut, Kapala Rutan Baturaja dalam hal ini diwakili oleh Kepala Subsi Pengelolaan Zairin.,SH menyampaikan, dengan digelarnya FGD dan sosialisasi ini, diharapkan dapat meluruskan adanya pro dan kontra serta kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat tentang revisi Undang-Undang Pemasyarakatan No.12 Tahun 1995.

“Banyak masyarakat yang belum memahami isi dari RUU Pemasyarakatan ini, mereka mungkin hanya mendengar berita yang belum tentu benar tanpa membaca isi dari RUU tersebut secara utuh,” jelas Zairin.

Maini sebagai narasumber juga menjelaskan, RUU Pemasyarakatan tersebut pasal demi pasalnya, serta poin-poin pentingnya kepada para audiens, serta menjelaskan beberapa hal dan memberikan masukan untuk RUU Pemasyarakatan.

“Dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melakukan sosialisasi pasal perpasal dengan Masyarakat,kalangan akademisi, dan mahasiswa sebelum disahkannya RUU Pemasyarakatan,” katanya.

Salah satu peserta Kusno dari Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) memberikan masukan atau pendapat terkait sosialisasi RUU Pemasyarakat. ” RUU ini seharusnya juga disosialisasikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan sehingga mereka mengerti isi dari RUU Pemasyarakatan, dan mereka dapat memahami hak-hak yang di dapat selama berada di dalam Lapas/Rutan.” ujarnya.

Kami berharap sebagai petugas Pemasyarakatan, RUU Pemasyarakatan merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan pemasyarakatan yang semakin PASTI ( Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif ), RUU Pemasyarakatan ini. Harus adanya dukungan dan masukan dari masyarakat kepada Pemerintah khususnya DPR.

“Sosialisasi ini merupakan dukungan dari kalangan masyarakat dan pada akhirnya masukan bagi pemerintah dan DPR dalam memgesahkan RUU Pemasyarakatan,” tutup maini.