RUTAN BATURAJA ZERO OVERSTAYING

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Humas_RutanBaturaja – Permasalahan yang kerap dihadapi Rumah Tahanan Negara (rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah overstaying tahanan yang telah habis masa penahanannya. Dari data yang ditemukaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Satuan Tugas Penelitian dan Pengembangan KPK data per 15 Januari 2019 angka overstay mencapai 29.591 orang. Sedangkan saat ini, Ditjen PAS berhasil menekan angka overstay tersebut sebanyak 6.153 orang. (Sabtu, 30/11/2019)

Sementara itu dirjen PAS sudah menargetkan bahwa di akhir tahun ini permasalahan Overstaying di Lapas/Rutan sudah tidak ada lagi. Dan mulai di awal tahun 2020 nanti seluruh Lapas/Rutan sudah harus Zero Overstaying.

Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja sudah melaksanakan perintah Dirjen PAS melalui Kadiv Pas terkait penanganan overstaying. Per hari ini Rutan Baturaja sudah zero overstaying, tidak ada lagi tahanan baik itu tahanan Kepolisisan, Kejaksaan, dan Pengadilan yang habis masa penahanannya.

Kepala Rutan Klas IIB Baturaja Herdianto mengatakan “ bahwa Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menargetkan zero overstaying di seluruh lembaga pemasyarakaatan dan rutan tahun 2020. Rutan Klas IIB Baturaja pun saat ini sudah zero overstaying”, Jelas Herdi.

“Saat ini kami sudah zero overstaying. Selama ini ketika masa penahanan hampir habis, kami selalu berkoordinasi dan memberitahu pihak aparat penegak hukum yang penahan agar ditindaklanjuti dengan mengeluarkan surat perpanjangan penahanan sehingga tidak terjadi overstay,” pungkasnya.