Rutan Baturaja ikuti Arahan Menkumham Pasca Pelaksanaan Asimilasi dalam Rangka Pencegahan Covid-19 melalui teleconference

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Humas_RutanBaturaja – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Baturaja Royhan Al Faisal didampingi Pejabat Struktural serta seluruh pegawai Rutan Baturaja mengikuti kegiatan teleconference mengenai arahan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly Pasca Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan Covid-19, yang bertempat di Ruang Rapat Rutan Baturaja. Senin (20/4/2020)

Menteri Hukum dan HAM menyampaikan kepada seluruh UPT agar menyerahkan data nama-nama warga binaan pemasyarakatan yang melaksanakan Asimilasi di Rumah kepada polres atau polda setempat agar memudahkan aparat untuk membantu dalam melakukan pengawasan. Sehingga, pengawasan ini menjadi lebih efektif dan apabila ada warga binaan pemasyarakatan melakukan pengulangan tindak kejahatan maka UPT langsung koordinasi ke polres dan buat berita acara untuk pengambilan kembali dan ditahan di straft cell (sel pengasingan).
itu namanya reward and punishment dan ini tidak bisa diberi toleransi danuntuk UPT di daerah-daerah juga berkoordinasi dengan bupati atau camat untuk memudahkan pengecekan jika ada warga binaan pemasyarakatan yang melakukan pengulangan.

Selain itu, untuk pencegahan Covid-19 harus tegas dilakukan. Lakukan pengecekan fasilitas Covid-19 dan sediakan ruang isolasi. Jika ada warga binaan pemasyarakatan atau pegawai yang terindikasi Covid-19 langsung laporkan dan orang-orang disekitarnya langsung diisolasi mandiri.

Kepala Rutan Baturaja Royhan Al Faisal mengatakan “Penting untuk kita mengikuti teleconference tersebut sesuai instruksi Menteri Hukum dan HAM sebagai tindaklanjut pasca asimilasi kemarin dan sesuai instruksi Pak Menteri kita juga sudah menyerahkan nama-nama warga binaan yang menjalani asimilasi kepada polres, kodim, dan kejaksaan untuk membantu kita dalam pengawasan dan terus kita pantau juga melalui daring,” kata Royhan.