Rutan Baturaja dan KPU OKU melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Humas_RutanBaturaja – Bukan hanya pemilih pemula dan perempuan yang menjadi sasaran sosialisasi menjelang pemilihan umum (pemilu) 2019 supaya angka partisipasi meningkat. Partisipasi pemilih ingin ditingkatkan juga melalui warga binaan di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja yang tentunya memiliki hak pilih sesuai dengan usianya.

Hal itulah yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU demi mencapai target angka partisipasi. Mereka pun menggelar sosialisasi di berbagai tempat, termasuk untuk para narapidana di Rutan Kelas IIB Baturaja pada Rabu, 10 April 2019.

Bukan hanya sosialisasi, KPU Baturaja juga menggelar simulasi pemilu 2019 untuk ratusan warga binaan. Jumlah total warga binaan yang mendapatkan sosialisasi dan simulasi itu mencapai 247 orang.

Ketua KPU di wakili oleh staf bagian data KPU Rahmad Hidayat mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu upaya KPU agar partisipasi masyarakat dalam memilih kian meningkat. Dengan demikian, jumlah surat suara yang tidak sah diharapkan akan berkurang serta lebih banyak lagi yang menggunakan hak pilihnya.

“Kegiatan sosialisasi dan simulasi kita laksanakan di Rutan Kelas IIB Baturaja. Selain warga binaan, kegiatan itu juga diikuti seluruh petugas Rutan, ” ujarnya

Di Rutan Kelas IIB Baturaja, hanya akan ada satu TPS. Yaitu TPS 18 Desa Air Paoh Kec. Baturaja Timur OKU. Saat simulasi, warga binaan yang sudah pernah mencoblos dalam pemilu memerlukan waktu tiga menit selama di bilik TPS.

Setiap warga negara memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilu 2019. Bahkan, itu merupakan hak dasar yang dijamin oleh negara dalam Undang-undang 1945.

“Oleh karena itu, KPU sebagai penyelenggara memiliki kewajiban untuk mengakomodasi, memfasilitasi, dan memberikan pendidikan mengenai pentingnya pemilu bagi keberlangsungan negara. Secara prosedural, itu dinyatakan dalam keterlibatan warga negara dengan datang ke TPS menggunakan hak pilihnya secara benar,” ucap.

Ia juga menyampaikan, Pemilu yang berlandaskan asas langsung berarti harus melibatkan warga negara secara langsung tanpa diwakilkan. Karena itulah, setiap orang yang memiliki hak suara sangat dinantikan kehadirannya di TPS.

Sementara itu, Kepala Rutan Baturaja diwakili oleh Kepala Pengamanan Rutan Ismaton,S.Pd.I.,MM mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPU OKU tersebut.

Ia berharap dengan kehadiran KPU OKU dapat meningkatkan pengetahuan warga binaan terkait kepemiluan.

“Kami dari Rutan Baturaja menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan ini juga sesuai dengan instruksi Kemenkumham agar setiap Lapas maupun Rutan untuk mengadakan kegiatan sosialisasi kepemiluan,”katanya.

Lanjutnya, harapan kami semoga pengetahuan warga binaan terkait kepemiluan dapat meningkat dan dihimbau kepada seluruh warga binaan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanan pemilu.