Rutan Baturaja bersama Dinkes Kab.OKU gelar Penyuluhan HIV/AIDS dan Screening HIV bagi WBP

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Humas_RutanBaturaja – Rumah Tahanan Negara kelas IIB Baturaja bekerja sama dengan Dinkes Kab. OKU serta Puskesmas Sekarjaya melakukan Penyuluhan Hiv aids dan screening HIV terhadap 50 Warga Binaan Pemasyarakatan terdiri dari 13 Perempuan dan 37 Laki-laki. Kamis, 21/11/2019

Dimulai pukul 09.00 WIB yang berlangsung di Aula Rutan Baturaja dan dihadiri oleh Pejabat struktural Rutan Baturaja serta tim kesehatan dari Dinkes Kabid P2P Andi Prapto, Skm, MM, Amrina Yulita, SKM(kasi P2P), ketua tim vct Maritsa, S. kep, Ners.
Kegiatan dibuka oleh Kepala Rutan Baturaja, dalam hal ini diwakili oleh Kasubsi Yantah Maini, dilanjutkan dengan Penyuluhan HIV Aids dan Screening HIV yang langsung diberikan oleh pihak Dinkes dan Puskesmas Sekrjaya.

Pada saat dilakukan pengambilan darah, banyak warga binaan yang acapkali berusaha lari kembali ke kamar karena mereka takut jarum suntik akan tetapi dihalau oleh Petugas yang berjaga di Aula. Ekspresi konyol mereka pun tampak menghiasi Aula pada saat pengambilan darah, ada yang berteriak histeris hingga menangis. ketakutan beberapa Warga Binaan justru membuat teman-temannya tertawa terbahak-bahak.

“Sosialisasi dan Screening ini sebagai upaya antisipasi penularan HIV/AIDS antar warga binaan di lingkungan Rutan Baturaja. Karena Rutan termasuk tempat yang rentan dengan penularan virus itu” kata Maini.

Sementara itu Kabid P2P Dinkes OKU Prapto mengatakan bahwa tes atau screening HIV dan Aids tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para narapidana. Mengingat mayoritas Narapidana di Rutan Kelas II B Baturaja adalah kasus penyalahgunaan Narkotika.
“Makanya kita lakykan tes ini untuk mengetahui apakah para WBP di Rutan Baturaja ini ada yang positif HIV/AIDS atau tidak,”jelasnya.