Rutan Baturaja bekerjasama dengan Puskesmas Sekarjaya ” Bentuk Posyandu Remaja “

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Humas_RutanBaturaja – Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa atau remaja pada umumnya. Selain itu posyandu remaja berfungsi juga sebagai sebuah wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis.

Selasa, 05 November 2019 Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja bekerjasama dengan Puskesmas Sekarjaya Kab. OKU membentuk Posyandu Remaja di Rutan Baturaja.

Kepala Puskesmas Mariani, SKM beserta rombongan disambut langsung oleh Plh. Kepala Zairin, SH serta pejabat struktural dan petugas kesehatan Rutan Baturaja.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan sekitar jam 09.30 WIB di ruang rapat Rutan Baturaja, ada sekitar 4 orang tim dari puskesmas sekarjaya yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Sekarjaya Mariani, SKM serta sebagai peserta posyandu remaja ini adalah Warga Binaan yang berusia remaja berjumlah 16 orang.

Dalam sambutannya Mariani mengatakan “bahwa di Rutan Baturaja ini terdapat Warga Binaan yang masih berusia remaja maka sangat perlu dibentuknya posyandu remaja, dengan adanya posyandu remaja tersebut dapat meningkatkan pendidikan keterampilan hidup sehat dan meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan meliputi kesehatan reproduksi, obat-obatan berbahaya, upaya perbaikan gizi, dan dapat mendeteksi dini dan pencegahan penyakit menular maupun tidak menular serta membangun kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan yang sedang marak terjadi dikalangan saat ini”, jelas Mariani.

” Kegiatan posyandu remaja di rutan baturaja ini akan dilaksanakan 1 (satu) bulan sekali ,” tambah Mariani.

Sementara itu Maini, SH., MM (Kasubsi Yantah) mengatakan bahwa kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan posyandu remaja di Rutan Baturaja ini, kami berharap kedepannya dengan adanya posyandu ini anak didik pemasyarakatan di rutan baturaja dapat meningkatkan pemahamannya di bidang kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan tentang rokok, dan HIV AIDS kepada Anak Didik Pemasyarakatan Rutan Baturaja.