Petugas dan WBP Rutan Baturaja Bercocok Tanam

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Humas_RutanBaturaja – Rumah Tahanan Negara (Rutan) merupakan tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan di Indonesia. Dimana Rumah Tahanan Negara merupakan unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Akan tetapi dalam menjalankan tugas dan fungsinya saat ini hampir seluruh Rutan di Indonesia bukan hanya dihuni para tahanan saja melainkan dihuni hampir 50%nya adalah narapidana. Terkait akan adanya narapidana tersebut, tentu pembinaan-pembinaan perlu kita berikan walaupun saat ini tidak adanya dana pembinaan yang ada di Rutan.

Dalam rangka memberikan bekal hidup kepada warga binaan dan sambil menunggu masa hukumannya berakhir, warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Baturaja kita berikan pembinaan dengan hal-hal positif. Selain dibekali keterampilan di dalam Rutan, warga binaan ini juga mengisi waktunya dengan kegiatan bercocok tanam di kebun yang dimiliki oleh Rutan, ungkap Herdianto (Kepala Rutan Kelas II B Baturaja), Jumat (25/10/2019)

Dijelaskan oleh Herdi hari ini petugas dan warga binaan Rutan Baturaja bergerak membuka lahan di area kebun rutan. Langsung dilakukan pengolahan tanah yang nantinya akan ditanami sayur-sayuran berupa, cabai, terong, dan kacang panjang.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap tidak ada pengangguran baru ketika warga binaan tersebut keluar dari Rutan. Kegiatan itu juga dapat membantu mereka menghilangkan rasa kejenuhan, bosan stress dan memacu semangat mereka untuk lebih bekerja.