,

Perangi HIV/AIDS WBP Rutan Baturaja Jalani Tes HIV/AIDS

oleh
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    9
    Shares

Humas_Rutanbaturaja – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. OKU dan Tim Voluntary Counselling and Testing (VCT) Lubuk Batang mengadakan kegiatan Penyuluhan Penyakit Menular dan Pemariksaan Virus HIV/AIDS pada Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja. (01/12/2018)

Kepala Rutan Klas IIB Baturaja, diwakili oleh Kepala Pengamanan Rutan Ismaton, S.Pd.I.,MM, “mengatakan kegiatan ini merupakan langkah antisipatif agar penderita HIV/AIDS dapat terdeteksi dan mendapat penanganan lebih awal.
“Yang kami hindari, jangan sampai karena tak lamban ditangani kemudian berakibat fatal,” ujar Ismaton, sabtu (01/12).

Wakil Ketua KPA Eliya, SKM., MPH mengatakan, “bahwa kegiatan ini perlu dilakukan kepada penghuni Rutan. Tujuannya tentu pihak kami ingin mengetahui kondisi Rutan Baturaja seperti apa, terutama untuk penyakit HIV/Aids,” Ujarnya.
Pihaknya mengaku, bagi warga binaan yang terbukti positif mengidap HIV/AIDS segera dilakukan penanganan khusus. Upaya antisipatif ini dilakukan, agar potensi penularan dapat diminimalisir.
Terkait hasil VCT, Eliya menjamin kerahasian jika ada warga binaan yang positif mengidap HIV/Aids. Menurutnya, hanya penderita yang akan mendapat informasi terkait penyakitnya, adapun napi yang dinyatakan negatif dipastikan tidak akan mengetahui jika ada teman satu selnya yang menderita.

        

” Dengan melaksanakan penyuluhan tentang penyakit, maka diharapkan para Warga Binaan di Rutan Baturaja mengenal tanda, gejala, dan penatalaksanaan tentang penyakit tersebut. Sehingga bisa mengurangi resiko penyakit bertambah parah atau bahkan mengurangi resiko kematian dengan bertindak lebih cepat, tepat dan akurat. Dan pengetahuan tersebut bisa ditularkan minimal kepada keluarga dan warga masyarakat ketika bebas nanti,” ujar Amnna Yunita SKM, kasi pencegahan penyakit menular. (Wind)