Over Kapasitas! Rutan Baturaja lakukan pemindahan WBP

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Humas_RutanBaturaja – WBP dipindahkan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Baturaja ke 3 (tiga) UPT di Palembang, yaitu Lapas Perempuan Palembang, Lapas Klas I Palembang, dan Lapas Narkotika Klas III Palembang, Jumat 03 Mei 2019.

Untuk mengurangi over kapasistas, Rutan Baturaja melakukan pemindahan WBP sebanyak 23 orang, 5 orang ke Lapas Perempuan Palembang, 8 orang ke Lapas Klas I Palembang, dan 10 orang ke Lapas Narkotika Klas III Palembang.

Kepala Rutan Baturaja Herdianto, Amd.IP.,SH.,M.Si mengatakan “Pemindahan ini dikarenakan Kapasitas penghuni Rutan sudah tidak layak tampung lagi atau over kapasitas penghuni. Kapasitas penghuni Rutan baturaja seharusnya berjumlah 262 orang. Namun, sekarang isinya berjumlah 490 orang. “Rutan Baturaja sudah over kapasitas, jadi mereka kita pindahkan.” ujar Herdianto.

”Kita tidak mau ambil rersiko, kalo terus berlama-lama dalam posisi overload, kemudian setiap hari ada lagi yang masuk kesini, resiko perkelahian dan kerusuhan sangat besar, makanya kita pindahkan sebagian WBP,” Jelasnya

Pemindahan WBP kali ini dilakukan dengan menggunakan 2 mobil, 1 bus meminjam mobil tahanan milik Kejaksaan Negeri Baturaja, 1 mobil menggunakan mobil dinas Rutan Baturaja.

Selain pemindahan ke lapas lain untuk mengurangi overkapasitas, pihak Rutan Baturaja juga sudah melakukan percepatan dalam proses pelaksanaan PB,CB,CMB dan pemberian remisi apalagi ini sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri.

Meski demikain, lanjut Herdianto, dalam pemberian PB, CB, CMB, dan remisi tetap mengedepankan aturan baik persayaratan administrasi dan substantifnya harus lengkap serta warga binaan harus berkelakuan baik selama berada di Rutan Baturaja.