Kepala Rutan Baturaja Hadiri Rakor Sinkronisasi ASN di Bali

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Humas_RutanBaturaja – Kepala Rutan Klas IIB Baturaja Herdianto memenuhi undangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dengan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Materi dan Metode melalui Dialektika Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Masa Depan Bangsa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 bertempat di Grand Ballroom Palma Hotel Courtyard Merriott Nusa Dua Kawasan Pariwisata Lot SW 1, Nusa Dua Bali. Acara pembukaan diawali dengan Tari Persembahan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Bali.(04//11/19).

Adji Samekto (Deputi Bidang Pengkajian dan Materi) menjelaskan bahwa tujuan dari rapat koordinasi tersebut, di antaranya mengingatkan kembali pentingnya pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksana kebijkan dan pelayan publik di lingkungan ASN. Menurut dia.

“Pancasila tidak sekadar dihadirkan tataran mikro, tetapi lebih dari itu Pancasila hadir dalam tatatan kenegaraan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan tanpa mengurangi hakikatnya, Pancasila menjadi tetap aktual, relevan, dan fungsional sebagai landasan semangat ber-Bhinneka Tunggal Ika. Istilah revitalisasi Pancasila sebagai ideologi berarti “pemberdayaan kembali kedudukan, fungsi peranan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, idiologi, sumber nilai-nilai bangsa Indonesia.” Revitalisasi Pancasila meniscayakan upaya penggalian kembali terhadap norma-norma falsafah Pancasila untuk menjadi spirit dan landasan bagi terbentuknya bimbingan moral dan menjadi landasan bagi norma hukum di Indonesia. Dalam perspektif negara hukum, disinilah Pancasila sebagai ideologi dimanifestasikan secara optimal melalui pembentukan dan penegakan hukum.

Kegiatan tersebut juga di ikuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan Se-Indonesia melalui media teleconference, salah satunya yaitu Rutan Klas IIB Baturaja sendiri.

Bertempat di ruang rapat Rutan Baturaja Kepala Subseksi Pengelolaan (Zairin), Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan (Maini), Kepala Kesatua Pengamanan Rutan (Ismaton) serta seluruh pegawai Rutan Baturaja mengikuti acara Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Materi dan Metode melalui Dialektika Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Masa Depan Bangsa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019.

Diakhir acara BPIP juga mendorong pendirian Klinik Pancasila di seluruh lembaga pemasyarakatan, klinik Pancasila merupakan tempat Warga Binaan untuk berkonsultasi tentang kewarganegaraan dan mewujudkan potensi positif, sehingga siap menjadi warga negara yang baik berdasarkan Pancasila.