Cegah TBC, Rutan Baturaja Gelar Penyuluhan

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Baturaja menggelar penyuluhan Tuberkulosis pada seluruh warga binaan. Dalam rangka peringatan hari Tuberkulosis sedunia tahun 2019. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman pada warga binaan bahaya dan pencegahan Turbekulosis. Rabu,(06/03)

Penyuluhan ini digelar bekerjasama dengan Puskesmas Sekarjaya Kec. Baturaja Timur OKU untuk mencegah penyebarab penyakit tersebut. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Sekarjaya dr. Sutarmi.

Kepala Puskesmas Sekarjaya yang sering dipanggil dr. Mimi ini mengatakan “kegiatan Ini luar biasa, kita saling mendukung. Bagaimana benar-benar Rutan Baturaja bebas TBC, penyuluhan berlangsung lancar dan warga binaan tentunya telah paham materi yang kita sampaikan,” pungkas Mimi.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Baturaja diwakili oleh Ka.KPR Ismaton,S.Pd.I.,MM mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Tuberkulosis baik gejala, ciri-ciri penyakit Tuberkulosis, penularannya, dan pencegahannya kepada Warga Binaan Rutan Baturaja.

“Penyuluhan bagi Warga Binaan Rutan Baturaja dengan materi Tuberkulosis atau TBC, tujuannya tidak lain agar warga binaan mengetahui bahaya dan cara mencegah penyakit Tuberkulosis,” kata Maton.

Maton berharap, semua warga binaan yang menghuni Rutan Kelas IIB Baturaja bisa menjaga kebersihan baik lingkungan kamar masing-masing atau lingkungan sekitar Rutan. Ia juga berharap, kegiatan ini bisa terus dilakukan kedepannya.

“Harapannya agar warga binaan mengetahui dampak dari Penyakit TB dan selalu menjaga kebersihan kamar/blok hunian dan bisa disampaikan untuk keluarganya, semoga kegiatan bersama Dinas Kesehatan bisa berjalan terus menerus,” harapnya. (Rbt)